SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA (FAHRI HASAN AFANDI. S.Pd) tiap minggu materi akan diperbarui...

Rabu, 10 Oktober 2012

dasar komputer dan pemrograman


DASAR KOMPUTER DAN PEMOGRAMAN
A.  Komputer
Komputer terdiri atar dua jenis, yaiut komputer analog dan digital. Komputer analog tingkat ketelitiannya lebih tinggi, sedangkan digital tingkat ketelitiannya kuarang. Harga untuk menaikan ketelitian dalam komputer analog lebih mahal dibandingkan dengan komponen komputer digital.
Analog       : Komponen distrik (terpisah-terpisah)            R, L, C, TR, D
Digital        : IC (1960)
IC        1960      LSI (large scale int) 1000-10000/chip
VLSI       10.000-100.000/chip
ULSI       1012/chip  
1chip = equivalen transistor
Komputer pertama kali dimenukan (komp. Eniak) 1946.
B.  Soft Ware
Aplikasi :
1.      4C :
v  Component
v  Comunication
v  Control
v  Computer
2.      Computer Aided Design
Adalah soft ware untuk merencanakan rankaian apapun.
v  CAI                        : Computer Asisten Instruction
v  CBL           : Computer Based Instruction
v  SPAICE     : Untuk design amplifier analog
v  CIRCAD    : Untuk design IC
v  Workbenc   : Untuk design rangkaian  


C.  Hard Ware
Yang terkait dengan sistem komputer : suatu kumpulan peralatan yang pada dasarnya pengolah data (CPU)  memori (penyimpanan) dan alat untuk input dan output dengan komponen utama mikroprosesor.
v  Fungsi operasi penerimaan data : keyboard to screen
v  Fungsi operasi penyimpanan data : internet download to disc.
v  Proses dari atau ke unit penyimpanan : up dating basic statment
v  Proses dari unit penyimpanan ke I/O : pringting a basic statment
D.   Memori
Dalam memori ada yang disebut dengan acces time : waktu yang digunakan untuk membaca dan menulis sebuan data. Sedangkan memory cycle time : yang digunakan pada RAM terdiri dari acces time.
Tn = TA + N/R
Tn : waktu rata-rata untuk membaca atau menulis N bit
TA : waktu acces rata-rata
N  : Jumlah Bit
R  : Kecepatan transfer dalam bit per detik (b/s)
Memori terdiri atas tiga macam, yaitu :
1.      Main memory
v  ROM (Read Only Memory)  -- pabrik -- bios (program)
v  RAM (Random Acces Memory) – kosong --  diisi user
v  EPROM Programer : alat untuk mengisi dan menghapus program
v  EEPROM : IC yang bisa dihapus dan diisi
On – BIOS (Basic Input Output System) – A>windows – DOS (format) (Disc Operation system)
2.      Internal memori
Mikroprosesor – register (menyimpan memori sementara pada saat terjadi proses komputasi)
3.      External memori
Contohnya ya kayak flash disc dan sejenisnya.

E.  Perangkat Keras Komputer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Alat Input
Alat Proses
Alat Output
Key Board
Casing DS AT/ATX
Monitor
Scaner
Motherboard
Printer
FUD
Processor
Speaker
Kamera
Memori
Head phone
CD/DVD ROOM/RW
Card VGA

Mouse
Card I/O
Joystik
Sound Card

HDD
Modem
TV Tuner
Kabel
Nb : macam2 alat bisa bertambah disesuaikan dengan perkembangan hard ware zaman sekarang.
Pengetahuan umum :
1. Tipe slot memori DIMN terdiri dari 168 pin
2. Fungsi chip set BIOS untuk mengatur RTC (Real Tine Clock)
3. Fungsi chip set mengatur aliran data antar komponen yang terpasang pada mother board (ada 3 chip set).
4. Fungsi conector IDE yaitu menghubungkan motherboard dengan hardisc/cd/dvd yang terdiri atas 40 pin yang tersusun berderet masing2 20 pin.
5. Konektor FDD untuk menghubungkan motherboard dengan perangkat FDD yang terdiri dari 26 pin.
6. Power supply jenis AT yaitu 125 watt dan jumlah konektornya 6.
7. Konektor serial adalah konektor yang terdiri dari sepuluh pin dan pada umumnya mempunyai 2 serial. Untuk konector mouse ataupun keyboard.
8. Fungsi slot PCI/EISA/ISA adalah untuk memasang card tambahan seperti VGA ataupunsound card yang berjenis PCI/EISA/ISA.
Nb : macam2 alat bisa bertambah disesuaikan dengan perkembangan hard ware zaman sekarang.
F.   Jaringan Komputer
Adapun prosedur membuat keputusan jaringan adalah sebagai berikut :
1. Merencanakan Jaringan
v Jaringan skala kecil bisa merencanakan jaringan berbasis perangkat keras yang harus dihubungkan.
v Jaringan skala menengah/jaringan akan berkembang dalam waktu dekat, harus merencanakan informasi yang harus dikumpulkan, disimpan, dan sebarkan.
2. Merencanakan Hardware
v Menggambar peta ruangan dengan menandai lokasi komputer dan printer atau hardware lain.
v Merencanakan skema pengkabelan.
v Memprediksi kemampuan dan keburukan pada masa depannya nanti.
3. Merencanakan Informasi
Cara terbaik untuk merencanakan jaringan adalah dengan melihat aliran kerja danm innformasi yang akan disalurkan bukan hanya mempertimbangkan kebutuhan hardware. Insfrastruktur jaringan harus membantu dalam hal pengumpulan dan penyebar luasan informasi yang diperlukan untuk mengambil keputusan
4. Menganalisis Sistem Yang Ada Sekarang
5. Merencanakan insfrastruktur
Kemudian adalah tentang skema Jaringan, ada dua tipe jatingan yaitu peer to peer atau client/server. Berikut macam-macam skema jaringan komputer :
v Peer to Peer










v Client/server
Client : komputer yang terhubung ke server untuk menggunakan sumber dayanya, seperti menggunakan printer dan modem yang terhubung ke server.
Server : komputer yang dilengkapi software khusus yang mengawasi segala sesuatu di jaringan. 
v Thin Server
Tidak memiliki kemampuan dan kapasibilitas server.
v Jaringan Gabungan
Jaringan gabungan peer to peer dan client/server. Bila server mati, komputer lain dalam jaringan masih tetap bisa berkomunikasi.
Mamilih jaringan, beberapa administrator jaringan memberikan sarat pemilihan seperti dibawah ini :
v Jaringan peer to peer untuk maksimum 10 komputer
v Server appliance berbasis windows untuk maksimum 20 komputer
v Jaringan client/server untuk lebih dari 20 komputer


Tidak ada komentar:

Posting Komentar