DASAR KOMPUTER DAN PEMOGRAMAN
A. Komputer
Komputer terdiri atar dua jenis,
yaiut komputer analog dan digital. Komputer analog tingkat ketelitiannya lebih
tinggi, sedangkan digital tingkat ketelitiannya kuarang. Harga untuk menaikan
ketelitian dalam komputer analog lebih mahal dibandingkan dengan komponen
komputer digital.
Analog : Komponen distrik
(terpisah-terpisah) R, L, C, TR, D
Digital : IC (1960)
IC 1960 LSI
(large scale int) 1000-10000/chip
VLSI 10.000-100.000/chip
ULSI 1012/chip
1chip
= equivalen transistor
Komputer
pertama kali dimenukan (komp. Eniak) 1946.
B. Soft Ware
Aplikasi
:
1. 4C
:
v Component
v Comunication
v Control
v Computer
2. Computer
Aided Design
Adalah
soft ware untuk merencanakan rankaian apapun.
v CAI : Computer Asisten
Instruction
v CBL
: Computer Based Instruction
v SPAICE : Untuk design amplifier analog
v CIRCAD : Untuk design IC
v Workbenc : Untuk design rangkaian
C. Hard Ware
Yang terkait dengan sistem komputer
: suatu kumpulan peralatan yang pada dasarnya pengolah data (CPU) memori (penyimpanan) dan alat untuk input dan
output dengan komponen utama mikroprosesor.
v Fungsi
operasi penerimaan data : keyboard to screen
v Fungsi
operasi penyimpanan data : internet download to disc.
v Proses
dari atau ke unit penyimpanan : up dating basic statment
v Proses
dari unit penyimpanan ke I/O : pringting a basic statment
D. Memori
Dalam memori ada yang disebut
dengan acces time : waktu yang digunakan untuk membaca dan menulis sebuan data.
Sedangkan memory cycle time : yang digunakan pada RAM terdiri dari acces time.
Tn = TA + N/R
Tn : waktu rata-rata untuk membaca
atau menulis N bit
TA : waktu acces
rata-rata
N
: Jumlah Bit
R
: Kecepatan transfer dalam bit per detik (b/s)
Memori terdiri atas tiga macam,
yaitu :
1. Main
memory
v ROM
(Read Only Memory) -- pabrik -- bios
(program)
v RAM
(Random Acces Memory) – kosong -- diisi
user
v EPROM
Programer : alat untuk mengisi dan menghapus program
v EEPROM
: IC yang bisa dihapus dan diisi
On – BIOS (Basic Input Output
System) – A>windows – DOS (format) (Disc Operation system)
2. Internal
memori
Mikroprosesor – register (menyimpan
memori sementara pada saat terjadi proses komputasi)
3. External
memori
Contohnya ya kayak flash disc dan
sejenisnya.
E. Perangkat
Keras Komputer
PERANGKAT
KERAS KOMPUTER
|
||
Alat Input
|
Alat Proses
|
Alat Output
|
Key
Board
|
Casing DS AT/ATX
|
Monitor
|
Scaner
|
Motherboard
|
Printer
|
FUD
|
Processor
|
Speaker
|
Kamera
|
Memori
|
Head
phone
|
CD/DVD
ROOM/RW
|
Card VGA
|
|
Mouse
|
Card I/O
|
|
Joystik
|
Sound Card
|
|
HDD
|
||
Modem
|
||
TV Tuner
|
||
Kabel
|
||
Nb : macam2 alat bisa bertambah
disesuaikan dengan perkembangan hard ware zaman sekarang.
|
Pengetahuan umum :
1. Tipe
slot memori DIMN terdiri dari 168 pin
2. Fungsi
chip set BIOS untuk mengatur RTC (Real Tine Clock)
3. Fungsi
chip set mengatur aliran data antar komponen yang terpasang pada mother board
(ada 3 chip set).
4. Fungsi
conector IDE yaitu menghubungkan motherboard dengan hardisc/cd/dvd yang terdiri
atas 40 pin yang tersusun berderet masing2 20 pin.
5. Konektor
FDD untuk menghubungkan motherboard dengan perangkat FDD yang terdiri dari 26
pin.
6. Power
supply jenis AT yaitu 125 watt dan jumlah konektornya 6.
7. Konektor
serial adalah konektor yang terdiri dari sepuluh pin dan pada umumnya mempunyai
2 serial. Untuk konector mouse ataupun keyboard.
8. Fungsi
slot PCI/EISA/ISA adalah untuk memasang card tambahan seperti VGA ataupunsound
card yang berjenis PCI/EISA/ISA.
Nb : macam2 alat bisa bertambah
disesuaikan dengan perkembangan hard ware zaman sekarang.
F. Jaringan
Komputer
Adapun
prosedur membuat keputusan jaringan adalah sebagai berikut :
1. Merencanakan
Jaringan
v Jaringan
skala kecil bisa merencanakan jaringan berbasis perangkat keras yang harus
dihubungkan.
v Jaringan
skala menengah/jaringan akan berkembang dalam waktu dekat, harus merencanakan informasi
yang harus dikumpulkan, disimpan, dan sebarkan.
2. Merencanakan
Hardware
v Menggambar
peta ruangan dengan menandai lokasi komputer dan printer atau hardware lain.
v Merencanakan
skema pengkabelan.
v Memprediksi
kemampuan dan keburukan pada masa depannya nanti.
3. Merencanakan
Informasi
Cara terbaik untuk merencanakan
jaringan adalah dengan melihat aliran kerja danm innformasi yang akan
disalurkan bukan hanya mempertimbangkan kebutuhan hardware. Insfrastruktur
jaringan harus membantu dalam hal pengumpulan dan penyebar luasan informasi
yang diperlukan untuk mengambil keputusan
4. Menganalisis
Sistem Yang Ada Sekarang
5. Merencanakan
insfrastruktur
Kemudian
adalah tentang skema Jaringan, ada dua tipe jatingan yaitu peer to peer atau
client/server. Berikut macam-macam skema jaringan komputer :
v Client/server
Client : komputer yang terhubung ke
server untuk menggunakan sumber dayanya, seperti menggunakan printer dan modem
yang terhubung ke server.
v Thin
Server
Tidak memiliki kemampuan dan
kapasibilitas server.
v Jaringan
Gabungan
Jaringan gabungan peer to peer dan
client/server. Bila server mati, komputer lain dalam jaringan masih tetap bisa
berkomunikasi.
Mamilih jaringan, beberapa
administrator jaringan memberikan sarat pemilihan seperti dibawah ini :
v Jaringan
peer to peer untuk maksimum 10 komputer
v Server
appliance berbasis windows untuk maksimum 20 komputer
v Jaringan
client/server untuk lebih dari 20 komputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar